QUALITY ASSURANCE SYSTEM BETWEEN THE ISLAMIC STATE UNIVERSITY AND THE STATE UNIVERSITY

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan sistem penjaminan mutu di Universitas Islam Negeri Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dan Universitas Negeri di Technical Institute of Surabaya (Institut Teknik Surabaya / ITS). Temuan mengenai sistem jaminan kualitas meliputi; alasan untuk menerapkan penjaminan mutu, nilai inti dari perencanaan mutu, penjaminan mutu pelaksanaan, penjaminan kualitas evaluasi, faktor pendukung pelaksanaan penjaminan mutu, strategi penjaminan mutu, dan hasil penjaminan mutu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian metode penelitian eksploratif dengan instrumen model perkembangan. Sedangkan proses penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data kualitatif, maka temuan ekstrem diikuti dengan mengumpulkan data kuantitatif, dan akhir proses ini adalah menafsirkan data bersama. Dari data kualitatif, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara penjaminan mutu di UIN Malang dan ITS. Jaminan kualitas dalam pengelolaan institusi (X), aspek akademik (Y), dan kepuasan pelanggan (Z) berbeda secara signifikan antara UIN Malang dan ITS. Kepuasan pelanggan di UIN Malang dipengaruhi oleh kualitas manajemen dan akademik dengan proporsi yang lebih besar daripada di ITS.
 
lebih lengkapnya ada bisa buka dan download di link berikut ini.
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/787
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php